Add Me

facebook.com/Cocah @Matth_Cocah

Jumat, 13 Maret 2015

Seputar Taekwondo Part I : Sejarah

Taekwondo merupakan olahraga beladiri yang berasal dari Korea. Munculnya ilmu beladiri adalah karena untuk pertahanan diri ataupun melindungi diri dari suatu ancaman. Beladiri tidak hanya digunakan untuk menghadapi musuh yang hidup, tetapi juga bagaiman untuk mempertahankan hidup. Mempertahankan hidup maksudnya adalah, bagaimana seseorang mengatur dirinya sendiri agar lebih ter-arah tujuan hidupnya.


Seiring berjalannya waktu, Taekwondo mulai dikembangkan, seperti peningkatan dan penambahan jurus berdasarkan pengalaman bertarung. Pada zamannya, Taekwondo juga digunakan sebagai kekuatan tempur pasukan-pasukan perang Korea melawan penjajah.

Pada awalnya nama beladiri ini disebut dengan sebutan "Taekkyon" dan kemudian berubah menjadi "Taekwondo". Cukup panjang sejarahnya. Beladiri ini dulunya sempat dilupakan dikarenakan penggunaan senjata api pada masa perang. Kemudian setelah kemerdekaan Korean atas penjajahan Jepang, pemerintah Korea mulai membentuk suatu konsep untuk membangkitkan nilai-nilai budaya dan tradisi negara tersebut.

Para ahli seni beladiri mendirikan sekolah-sekolah yang mengajarkan teknik beladiri (Do-Jang). Dengan semakin bertambahnya minat terhadap beladiri ini, diputuskanlah untuk menyatukan ideologi beladiri tersebut dan menamakannya dengan sebutan "Tae Kwon Do", kalau gak salah sekitar tahun 1954. Kemudian setelah perjalanan panjang, didirikanlah markas besar Taekwondo yaitu "Kukkiwon" di Seoul untuk pengembangan Taekwondo ke seluruh dunia. Seiring dengan perkembangan beladiri Taekwondo, tercipta jugalah 2 (dua) Organisasi besar Taekwondo yaitu : WTF (World Taekwondo Federation) dan ITF (International Taekwondo Federation).

Hingga saat ini Taekwondo sudah dikenal dan diperagakan di berbagai negara yang ada di dunia ini termasuk Indonesia. Taekwondo juga masuk sebagai Cabang Olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade.

Taekwondo terdiri atas 3 (tiga) suku kata, yaitu Tae - Kwon - Do.
"Tae" berarti Kaki ; "Kwon" berarti Tangan ; "Do" berarti Seni
Jika digabungkan, Taekwondo merupakan Seni yang melatih Tangan dan Kaki sebagai kekuatan tempur untuk pertahanan diri.


Tulisan ini saya sajikan tidak begitu lengkap dan tidak begitu detail. Hanya sebagai informasi awal kepada pecinta Taekwondo untuk mengetahui sejarah singkatnya. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan didalam penyajian.

Terimakasih ^_^

0 komentar:

Posting Komentar